21 November 2008

Aki Bandel yang Mendunia

Range product yang luas membuat Aki NS berperan di segala bidang kehidupan.

Bahkan kalangan militer pun memakai Aki NS pada panser dan tank mereka.

TAK BERLEBIHAN jika PT. Nipress Tbk. Menjadikan kalimat “ Moving the World in Silence” sebagai motto perusahaannya. Karena pada kenyatannya, selama hampir 40 tahun terakhir, accu-accu NS yang diproduksi PT. Nipress Tbk. “ diam-diam ” telah ikut menggerakan jutaan kendaraan, mulai sepeda motor hingga tank dan panser. Kenapa “ diam-diam? ” Tentu karena saat bekerja, accu sama sekali tak mengeluarkan bunyi apapun. Dan peran mendampingi mesin-mesin kendaraan bermotor itu bukan saja mereka lakukan di Indonesia, tapi juga di hampir seluruh dunia. Karena PT Nipress Tbk. Juga mengekspor accu NS ke banyak Negara di dunia.

Accu NS memang memiliki variasi produk atau range product yang amat luas, dari accu untuk sepeda motor, mobil, mobil bertenaga listrik hingga kendaraan militer seperti tank. Untuk mobil, accu NS tersedia dalam tiga tipe, yakni tipe JIS ( Jepang Industrial Standard) untuk mobil-mobil produksi jepang, tipe DIN (Deutsche Industrial Normale) untuk mobil keluaran Eropa dan tipe BCI (Batere Consult Industrial) bagi mobil-mobil produksi Amerika Serikat. Ditilik dari rentang ampere-nya pun sangat panjang. JIS anatara 24 amp hingga 200 amp, DIN 32 amp hingga 230 amp, dan BCI dari 50 amp sampai 240 amp.

Range product batere atau accu untuk sepeda motor pun tak jauh berbeda. Bahkan, NS memiliki produk khusus bagi sepeda motor besar atau big bike semacam Harley Davidson dan sepeda motor bermesin besar lainya. Kendati ceruknya kecil, respon pasarnya cukup hebat. Maklum, selama ini, para pemilik motor besar di Indonesia hanya bisa memakai accu impor yang harus dipesan di luar negeri.

Akibatnya, selain harus menunggu pesanan tiba selama berminggu bahkan berbulan-bulan, harganya pun amat mahal.

Kini, berkat NS, mereka bisa mendapatkan accu pengganti secara mudah di dalam negeri, dengan kualitas berstandar internasional.

Yang tak banyak diketahui umum adalah, PT Nipress Tbk, juga memproduksi batere-batere deep cycle atau traction battery untuk diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan bertenaga listrik seperti golf cart atau menggerakan panel-panel solar cell. Belum lagi batere-batere multifungsi untuk digunakan pada peranti-peranti elektronik seperti UPS, mainan anak-anak atau sepeda listrik. Jadi, sesungguhnya, melalui batere-batere semacam itu, secara tak langsung Accu NS telah ikut membantu mengurangi emisi gas buang dan berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global.

Beberapa industry juga mengandalkan produk-produk PT Nipress Tbk, untuk mendukung kelancaran usahanya. Industry telekomunikasi, contohnya, sangat terbantu oleh batere produksi PT Nipress Tbk. Yang digunakan di menara-menara BTS (Base Tranceiver Station). Jadi tiap kali anda menggunakan telepon seluler, sebetulnya PT NipressTbk, telah ikut membantu kelancaran komunikasi anda melelui accu NS yang digunakan untuk mendukung kinerja antenna BTS.

Malah, secara tak langsung pula, PT Nipress Tbk, turut menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena, range product accu NS juga menjangkau dunia militer. Berbagai kendaraan taktis dan tempur seperti panser dan tank milik TNI Angkatan darat kebanggaan kita, misalnya, sudah lama memakai Accu NS. Prestasi tersebut belakangan juga dilirik oleh Negara-negara maju, yang lantas meminta PT NipressTbk, untuk memasok accu bagi kendaraan-kendaraan Angkatan Bersenjata mereka. Buktinya, accu-accu produksi PT Nipress Tbk. Kini dipakai oleh ribuan panser dan tank milik Republik Jerman.

Kepercayaan itu jelas tak datang begitu saja. Tanpa kualitas dan kemampuan produksi yang optimal, tentu Negara semaju Jerman tak akan mempercayakan keandalan kinerja mesin tank dan pansernya kepada accu bikinan Indonesia. Nah, penggunaan mesin-mesin bertekhnologi tinggilah yang membuat PT Nipress Tbk, mampu menghasilkan accu dalam range product yang luas dengan kapasitas produksi besar. Dan yang membanggakan, semua mesin canggih itu dioperasikan oleh para ahli yang seluruhnya adalah putra-putra terbaik Bangsa Indonesia. Merekalah yang berjasa dalam menjamin kualitas produk yang stabil.

Pengalaman panjang

Accu NS sudah melalui semua fase perkembangan teknologi selama hampir 40 tahun keberadaannya di industry ini. Dari yang paling sederhana hingga tekhnologi terkini. Semula, diawal 1970an, PT Nipress Tbk, hanya memproduksikan dan memasarkan pelat dan separator batere. Namun, sejak 1975, mereka mulai membuat batere secara utuh dan dipasarkan dengan merek NS

Kala itu, container atau wadah accu masih terbuat dari bahan ebonite atau hard rubber. Lantaran mudah pecah, PT Nipress Tbk, lalu mencari jalan untuk membuat container yang lebih kuat dan tahan banting secara perlahan, bahan ebonite pun digantikan oleh plastic, yang terbukti lebih kuat dan aman. Kini, semua container accu NS terbuat dari bahan plastic.

Seiring perkembangannya tekhnologi bahan baku container, PT Nipress Tbk, pun terus memperbarui teknologi untuk kompartemen dalam alias isi batere. Dulu, sebelum bisa digunakan, semua accu baru harus lebih dulu di-charge selama satu malam. Kemudian muncul tekhnologi dry-charge, yang memakai antimony sebagai penguat timbal didalam accu, hingga accu Baru bisa langsung digunakan seketika. Meski, tetap saja, konsumen mesti menambahkan air accu setiap dua atau tiga bulan sekali.

Kehidupan yang makin sibuk membuat para konsumen menuntut hadirnya produk-produk yang benar-benar bandel dan bebas perawatan. PT Nipress Tbk, menjawab tuntutan itu dengan meluncurkan accu NS maintenance free. Tekhnologi hybrid ini menggunakan bahan kalsium untuk menggantikan antimony, karena tingkat penguapan kalsium jauh lebih rendah ketimbang antimony. Dengan demikian, ditambah oleh container yang fully sealed alias tertutup rapat, maka konsumen tak perlu lagi mengisi ulang air accu. Dan karena bebas dari penguapan, accu jenis ini bisa ditempatkan di mana saja, termasuk di dalam kabin kendaraan. Malah jika ditempatkan di bagasi atau kabin, accu akan makin awet karena terhindar dari hawa panas mesin kendaraan.

Di Indonesia, PT Nipress Tbk, juga merupakan pelopor dalam penggunaan tekhnologi “ Mata Kucing “. Sejak 1985, accu NS sudah menempatkan “ Mata kucing “ dibagian atas container accu sebagai indicator kondisi accu. Melalui indicator tersebut, konsumen bisa memastikan kondisi accu, apakah stand-by, kurang air atau malahharus di- charge ulang. Semua accu NS juga memiliki CCA ( cold cranking amps ) lebih tinggi dibandingkan accu-accu merek lain. Otomatis, cranking power-nya pun tentu tinggi, hingga tokcer digunakan setiap saat.

Tidak ada komentar:

Contact US

Batam Digital Island

Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan Batam Digital Island.

Arsip Blog

Anda Pengunjung Ke